Senin, 09 Februari 2009

Radio Bahasa Jawa di Suriname




Masih ingat tentang saudara - saudara kita yang dibawa oleh penjajah Belanda ke Suriname untuk bekerja rodi? Saudara - saudara kita itu saat ini telah berkembang menjadi bagian masyarakat Suriname yang cukup penting. Buktinya banyak jabatan pemerintahan yang cukup penting telah berhasil diduduki.


Selain mengembangkan kemampuan berpolitik mereka tidak melupakan budaya jawa. Ada wayang, kuda lumping, dangdut dan macam - macam budaya jawa yang tetap diuri - uri. Selain berkesenian secara tradisional mereka juga tidak mau ketinggalan dengan yang modern. Di sana ternyata ada Radio dan Televisi berbahasa Jawa.

Namanya RTV-Garuda. Menunjuk namanya, Garuda dengan simbol burung, nampaknya ingin tetap memperlihatkan keterkaitan mereka dengan kita, orang Jawa yang di Indonesia. Memang bahasa yang digunakan tidak semua bahasa Jawa, campuran dengan bahasa Belanda.

Jika tertarik untuk mendengarkan siaran radio Garuda Suriname klik aja alamat di samping( rtv-garuda) Live Radio. Pada saat siang hari di Indonesia biasanya di sana sudah malam bahkan menjelang pagi. Acaranya Panglipur Ati yang berisi lagu - lagu Jawa, keroncong atau lagu pop Indonesia. Penasaran ingin mendengar suara mereka? Klik aja video di bawah! Judul lagunya Ngapuro yang menyanyikan namanya mbakyu Rinette Tasleman. Nikmat juga di telinga. Selamat mendengarkan!

video

Cetak Halaman Ini