Selasa, 17 Februari 2009

Hastha Brata 8 Sifat Utama Seorang Pemimpin.

Masa reformasi ini kita menjadi sangat biasa mendengar kata pemilu. Di mana - mana dilakasanakan pemilu dari Pimilihan presiden, gubernur, walikota, bupati bahkan oleh karena pemilu sedang populer pemilu dilakukan sampai dengan tingkat RT dan RW. Satu tujuan pemilu adalah untuk memilih pemimpin. Dalam alam demokrasi diyakini bahwa melalui pemilihan umumlah akan diperoleh pemimpin yang baik karena prosesnya melibatkan unsur - unsur masyarakat yang akan dipimpinnya.


Untuk menjadi pemimpin yang baik, banyak orang berguru ke negeri orang sebab mereka dianggab lebih maju, lebih baik dan lebih pintar. Cara lain adalah mendatangkan orang asing untuk memberi seminar/pelatihan. Mengapa kita selalu melihat ke tempat yang jauh, negeri orang. Apakah di tanah air kita tidak ada nilai - nilai luhur yang bisa memandu seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik? Banyak. Ada banyak sekali nilai - nilai luhur yang jika digali dan diaktualisasikan bisa memandu seseorang menjadi pemimpin yang hebat. Salah satu adalah ajaran Hastha Brata.

Ajaran Hasta Brata mengajarkan kepada setiap orang yang menjadi pemimpin hendaknya memiliki 8 watak/sifat keutamaan seturut alam. 8 watak/sifat tersebut adalah :
1. Mahambeg Mring KismoSebagai seorang pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan seperti Bumi. Bumi itu sabar, memberi kepada sipapun, menumbuhkan, merubah busuk menjadi subur, tempat membuang segala hal baik ataupun buruk.
2. Mahambeg Mring Warih
Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan seperti air. Air memberi kesejukan, ketentraman, selalu turun/mengarah ke bawah.
3. Mahambeg Mring Samirana
Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan Angin. Angin selalu ada di mana - mana di setiap tempat, adil tidak membeda - bedakan, angin memberikan rasa nyaman/kesejukan.
4. Mahambeg Mring CandraSebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat sifat keutamaan seperti Bulan. Bulan mampu mberikan penerangan secara lembut, memberi keindahan, adil bagi semua orang.
5. Mahambeg Mring Surya.
Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan seperti Matahari.Matahari Memberi penerangan, sinarnya menghidupkan, ada ketegasan dan adil.
6. Mahambeg Mring SamodraSebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan seperti Laut/Samudra. Laut/Samudraluas bak tak bertepi, demikian juga hati dan pikiran pemimpin. Laut menerima apapun yang dibuang manusia ada kesabaran dan kasih sayang yang tak terbatas.
7. Mahambeg Mring Wukir
Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan seperti Gunung. Gunung mempunyai sifat yang kuat, kukuh, konsisten, indah.
8. Mahambeg Mring Dahana.
Sebagai pemimpin diharapkan memiliki sifat - sifat keutamaan seperti Api. Api mampu membakar, tegas namun juga bisa hangat.

Cetak Halaman Ini